Senin, 09 Januari 2012

TEORI PERILAKU KONSUMEN

TEORI PERILAKU KONSUMEN

Dalam mempelajari perilaku konsumen ada dua pendekatan, yaitu:
1.    Pendekatan marginal utility (cardinal)
2.    Pendekatan Indifference curve

 Law of diminishing marginal benefit (hukum tambahan kepuasan yang semakin menurun)
“Tambahan nilai guna yang akan diperoleh seseorang dari mengkonsumsi barang atau jasa akan semakin sedikit apabila orang tersebut terus menerus menambah konsumsinya ke atas barang tersebut. Pada akhirnya tambahan nilai guna akan menjadi negative yaitu apabila konsumsi ke atas barang tersebut ditambah satu unit lagi, dan nilai guna total akan menjadi bertambah sedikit”.

SOAL-SOAL LATIHAN
1.    Sebutkan dan jelaskan dua macam pendekatan dalam mempelajari perilaku konsumen!
2.    Sebut dan jelaskan kelemahan dan keunggulan dari masing-masing pendekatan tersebut!
3.    Berdasar tabel marginal utility, jika diketahui pendapatan konsumen Rp 52,-, harga barang X Rp 8,-/unit dan harga barang Y Rp 4,-/unit, hitunglah berapa unit barang X dan berapa unit barang Y yang harus dibeli konsumen agar memperoleh kepuasan maksimum? Berapa utility maksimumnya?

Barang X MUx Barang Y  MUy
1            56            1        32
2            48            2        28   
3            32            3        24
4            24            4        20
5            20            5        12
6            16            6        10
7            12            7        8


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA UAS MATA KULIAH MK3 KELAS BC

  DAFTAR TEMA UJIAN AKHIR SEMESTER 15P03122 MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (2 SKS) ROMBEL: 7101400...