Senin, 09 Januari 2012

POKOK BAHASAN MASALAH EKONOMI MAKRO

MASALAH  EKONOMI MAKRO
1.    INFLASI
2.    PENGANGGURAN
3.    KETIMPANGAN DALAM NERACA PEMBAYARAN
Inflasi ialah kondisi dimana ada kecenderungan dari harga-harga untuk naik secara umum dan terus menerus.
Penyebab inflasi:
1.    Berdasarkan teori kuantitas, inflasi disebabkan oleh pertambahan jumlah uang yang beredar dan “psikologi” masyarakat mengenai kenaikan harga-harga di masa yang akan dating.
2.    Berdasarkan teori Keynes, inflasi terjadi karena masyarakat hidup di luar batas kemampuan ekonomisnya. Teori ini menyoroti bagaimana perebutan rezeki antara golongan-golongan masyarakat bisa menimbulkan permintaan agregat yang lebih besar daripada jumlah barang yang tersedia.
3.    Berdasarkan teori strukturalis, inflasi disebabkan oleh kekakuan struktur ekonomi, pertambahan produksi barang-barang terlalu lambat dibandingkan dengan pertumbuhan kebutuhannya, sehingga menaikkan harga-harga bahan makanan dan kelangkaan devisa. Akibat selanjutnya adalah kenaikan harga barang-barang lain, sehingga terjadi inflasi.
Pengangguran ialah suatu keadaan dimana seseorang tergolong dalam angkatan kerja ingin mendapatkan pekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya.
Neraca pembayaran ialah suatu ringkasan pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang dilakukan dari Negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke Negara-negara lain. Ketimpangan terjadi apabila pembayaran ke luar negeri lebih besar daripada penerimaan dari luar negeri (defisit neraca pembayaran).

SOAL-SOAL LATIHAN
1.    Mengapa inflasi dapat terjadi? Bagaimana cara untuk mengatasi inflasi? Jelaskan!
2.    Salah satu masalah ekonomi makro adalah pengangguran. Bagaimana cara untuk mengatasi  pengangguran? Jelaskan!
3.    Bagaimana defisit neraca pembayaran terjadi? Jelaskan!

1 komentar: