Rabu, 09 Mei 2012

MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM


LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN KURIKULUM

  1. Merumuskan tujuan pembelajaran (instructional objective)
  2. Menyeleksi pengalaman-pengalaman belajar ( selection of learning experiences)
  3. Mengorganisasi pengalaman-pegalaman  belajar (organization of learning experiences)
  4. Mengevaluasi (evaluating)

MERUMUSKAN TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Pemahaman terhadap siswa, masyarakat, isi
2.    Merumuskan standar kompetensi
3.    Merumuskan kompetensi dasar

MERUMUSKAN DAN MENYELEKSI PENGALAMAN-PENGALAMAN BELAJAR
Dalam merumuskan dan menyeleksi pengalaman-pengalaman belajar dalam pengembangan kurikulum harus memahami definisi pengalaman belajar dan landasan psikologi belajar (psychology of learning). Pengalaman belajar merupakan bentuk interaksi yang dialami atau dilakukan oleh siswa yang dirancang oleh guru untuk memperoleh pengetahuan dan ketrampilan. Pengalaman belajar yang harus dialami siswa sebagai learning activity menggambarkan interaksi siswa dengan objek belajar. Belajar berlangsung melalui perilaku aktif siswa; apa yang ia kerjakan adalah apa yang ia pelajari, bukan apa yang dilakukan oleh guru. Dalam merancang dan menyeleksi pengalaman-pengalaman belajar juga memperhatikan psikologi belajar

MENGORGANISASI PENGALAMAN BELAJAR
Pengorganisasian atau desain kurikulum diperlukan untuk memudahkan anak didik untuk belajar. Dalam pengorganisasian kurikulum tidak lepas dari beberapa hal penting yang mendukung, yakni: tentang teori, konsep, pandangan tentang pendidikan, perkembangan anak didik, dan kebutuhan masyarakat. Pengorganisasian kurikulum bertalian erat dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Oleh karena itu kurikulum menentukan apa yang akan dipelajari, kapan waktu yang tepat untuk mempelajari, keseimbangan bahan pelajaran, dan keseimbangan antara aspek-aspek pendidikan yang akan disampaikan.
     
EVALUASI
Evaluasi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perencanaan, mengecek validitas dasar hypothesis menuju program pengajaran yang telah diorganisasi dan dikembangkan, dan untuk memeriksa alat – alat penelitian, guru dan kondisi lain yang mengacu pada program pengajaran, serta hasil evaluasi itu memungkinkan untuk dicatat apakah kurikulum itu efektif dan atau membutuhkan pengembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA UAS MATA KULIAH MK3 KELAS BC

  DAFTAR TEMA UJIAN AKHIR SEMESTER 15P03122 MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (2 SKS) ROMBEL: 7101400...