Selasa, 08 Mei 2012

ILMU ORGANISASI POKOK BAHASAN DEPARTEMENISASI


DEPARTEMENISASI
Pertumbuhan fungsi-fungsi dalam suatu organisasi biasanya mempunyai hubungan dengan penukaran susunan organisasi tersebut.
Fungsi adalah sekelompok aktivitas yang sama jenis yang berdasarkan kesamaan sifat atau pelaksanaannya.
Setiap fungsi yang penting dan luas biasanya dilembagakan menjadi satu satuan organisasi tersendiri dalam lingkungan kebulatan organisasi.
Departemenisasi : keseluruhan proses pembagian kerja, pengelompokannya menjadi satuan organisasi.
Sutarto (1980;85-87) macam dasar departemenisasi  :
  1. Fungsi
  2. Produksi
  3. Rangkaian kerja
  4. Langganan
  5. Jasa
  6. Alat
  7. Wilayah
  8. Waktu
  9. Jumlah
  10. Satuan organisasi khusus

Gibson dan kawan-kawan (1984, 327-324) membagi berbagai macam departemenisasi :
  1. Departemenisasi fungsional
  2. Departemenisasi teritorial
  3. Departemenisasi produk
  4. Departemenisasi campuran
Menurut Stoner departemenisasi dibagi ;
  1. Departemenisasi fungsional
  2. Departemenisasi produk/ pasar
  3. Departemenisasi matrik
Departemenisasi fungsional
Pembentukan satuan-satuan organisasi yang masing-masing diserahi mengurus sekelompok aktivitas yang tergolong sejenis menurut sifatnya, pelaksanaannya atau pertimbangan lainn (Sutarto, 1980, 85).
Bentuk ini tidak hanya digunakan oelh perusahaan kecil yang menawarkan hasl/ produk yang terbatas, karena hal itu dapat mengefesienkan penggunaan suber daya yang dikhususkan.
Kelebihan utama lainnya dari struktur fungsional mempermudah dilakukannya supervisi, karena setiap manajer adalah orang yang betul-betul ahli dalam bidangny masing-masing.
Struktur fungsional juga mempermudah dalam memobilisasi dan mengalokasikan sumber daya ketempat-tempat yang diperlukan.

Departamentalisasi berdasarkan produk/ pasar
Yaitu pembentukan satuan-satuan organisasi yang masing-masing diserahi aktivitas untuk menghasilkan jenis barang tertentu (Sutarto, 1980, 85).
Gibso dan kawan-kawan (1984:330) banyak perusahaan besar di mana produknya beraneka ragam, kegiatan personalianya dikelompokkan berdasarkan atas dasar produk.
Suatu perusahaan di mana departemetalisasinya berdasarkan produk atau pasar dapat mengikuti salah satu dari pola utama berikut ;
  1. Dalam devisi yang berdasarkan produk, tiap departemen bertanggungjawab atas suatu produk atau perangkat produk yang berhubungan.
  2. Divisi berdasarkan wilayah menghimpun dalam sebuah departemen seluruh aktivitas yang dilaksanakan di wilayah tertentu.
  3. Devisi berdasarkan pelanggan, terjadi apabila suatu devisi penjual hampir seluruh produknya kepada golongan pelanggan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA UAS MATA KULIAH MK3 KELAS BC

  DAFTAR TEMA UJIAN AKHIR SEMESTER 15P03122 MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (2 SKS) ROMBEL: 7101400...