OFFICE LAYOUT
•
Menurut George Terry yang disadur pula oleh The
Liang Gie menyatakan “Tata ruang kantor adalah penentuan mengenai
kebutuhan-kebutuhan dalam penggunaan ruang secara terperinci dari ruang ini
untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang
dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak”
(1988:200).
•
Menurut Littlefield dan Peterson menyatakan
“Tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabotan dan alat perlengkapan
pada luas lantai yang tersedia” (1956:117).
•
Tata ruang kantor disusun berdasarkan aliran
pekerjaan kantor sehingga perencanaan ruangan kantor dapat membantu para
pekerja dalam meningkatkan produktifitas. Selain itu pengaturan tata ruang
kantor yang baik akan memberikan keuntungan-keuntungan, diantaranya :
1.
Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para
pegawai, karena berjalan mondar-mandir yang sebetulnya tidak perlu.
2.
Menjamin kelancaran proses pekerjaan yang
bersangkutan.
3. Memungkinkan
pemakaian ruang kerja secara efisien, yaitu suatu luas lantai tertentu dapat
dipergunakan untuk keperluan yang sebanyak-banyaknya.
4. Mencegah
para pegawai di bagian lain terganggu oleh publik yang akan memenuhi suatu
bagian tertentu. (The Liang Gie, 1983:162).
Ada 2 perumusan tentang defenisi
tata ruang kantor yaitu :
•
Penataan kantor sebagai penyusunan perabotan dan
alat perlengkapan pada luas lantai yang tersedia.
•
Penataan kantor adalah penentuan mengenai
kebutuhan-kebutuhan ruang dan penggunaan secara terperinci dari sebuah ruang
untuk penggunaan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor bagi pelaksanaan
kerja perkantoran dengan biaya yang sehemat-hematnya.
PEDOMAN DALAM MENYUSUN TATA
RUANG KANTOR
•
Pekerjaan dikantor dalam proses pelaksanaan
dapat menempuh jalan terpendek.
•
Rangkaian aktivitas tata usaha dapat mengalir
secar lancar.
•
Segenap ruang dipergunakan secara efisien
•
pengawasan terhadap pekerjaan dapat berlangsung
dengan baik
•
pihak luar yang datang ke kantor tersebut
mendapat kesan yang baik tentang kantor tersebut.
•
Susunan tempat kerja dapat diubah sewaktu-waktu
diperlukan.
AZAS-AZAS PENATAAN RUANG
KANTOR YANG BAIK
- Azas jarak terpendek yaitu suatu tata ruang kantor yang terbaik ialah yang memungkinkan proses penyelesaian suatu pekerjaan menempuh jarak yang sependek-pendeknya.
- Azas rangkaian kerja yaitu menempatkan para pegawai dan alat-alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urutan-urutan penyelesaian pekerjaan .
- azas penggunaansegenap ruang yaitu mempergunakan sepenuhnya semua ruang yang ada termasuk ruang yang vertikal keatas maupun kebawah.
- Azas perubahan susunan tempat kerja yaitu terjadinya pengubahan tata ruang kantor tersebut.
ADA 2 MACAM TATA RUANG KANTOR
YAITU :
- Tata ruang kantor terpisah yaitu susunan ruangan untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa satuan yang dibagi-bagi karena keadaan gedung yang terdiri atas kamar-kamar
- Tata ruang kantor yang terbuka yaitu Ruangan kerja yang dipisah-pisahkan tetapi semua aktivitasnya dilaksanakan pada satu ruang besar terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar