Minggu, 29 April 2012

SOAL - SOAL LATIHAN TELAAH KURIKULUM


SOAL-SOAL LATIHAN
UJIAN TENGAH SEMESTER
MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM
ROMBEL RABU DAN JUMAT

1. Kurikulum dianggap sebagai jembatan yang sangat penting untuk mencapai titik teakhir yang ditandai dengan perolehan suatu ijazah. Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut? Jelaskan disertai dengan contoh!
2. Kurikulum ditafsirkan menjadi tiga, yaitu : (1) menurut isi dan metode pembelajaran (2) sebagai rencana pembelajaran, dan (3) sebagai pengalaman belajar. 
       a.Apa yang dimaksud dengan penafsiran kurikulum sebagai pengalaman belajar? Jelaskan disertai  dengan contoh!
           b. Mengapa seorang guru harus memahami betul kurikulum yang berlaku? Jelaskan!
3. Kurikulum pada suatu periode akan mengalami perubahan. Bagaimana pendapat saudara tentang hal itu? Jelaskan disertai dengan contoh!
4. Tujuan kurikulum menurut penyelenggara dibagi menjadi dua, yaitu Kurnas dan Kurlok.
          a. Apa yang dimaksud dengan Kurnas dan Kurlok? Jelaskan!
       b. Samakah Kurlok yang berlaku pada setiap daerah? Jelaskan pendapat saudara disertai dengan contoh!
5. Tujuan pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan manusia Indonesia yang bulat dan utuh. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Jelaskan!
6. Pengorganisasian kurikulum ada tiga macam, yaitu separated subject curriculum, correlated subject curriculum dan integrated subject curriculum.
           a. Sebut dan jelaskan perbedaan dari ketiga cara pengorganisasian kurikulum tersebut!
           b. Berikan contoh beserta penjelasannya dari masing-masing cara pengorganisasian kurikulum!
7. Pendekatan dalam pengembangan kurikulum ada tiga macam, yaitu berdasarkan materi, tujuan dan kemampuan.
       a. Apa perbedaan pengembangan kurikulum berdasarkan pendekatan materi dengan pendekatan tujuan? Jelaskan disertai dengan contoh!
         b. Apabila pengembangan kurikulum menggunakan pendekatan kemampuan, guru harus memahami betul tingkat kemampuan dari peserta didik. Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut? Jelaskan!
8. Kurikulum juga bisa dikembangkan menurut lokasi. Bagaimanakah cara pengembangan kurikulum  berdasarkan lokasi? Berikan penjelasan dan contohnya!
9. Model-model pengembangan kurikulum diantaranya adalah model administratif dan model grass root.
          a. Apa perbedaan pokok dari kedua model tersebut? Jelaskan dengan contoh!
          b. Sebut dan jelaskan kelebihan dan kelemahan dari model administratif!
10. Seorang guru dituntut untuk dapat melakukan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat digunakan dalam mengembangkan kurikulum. Pengembangan kurikulum berbasis riset di kelas tersebut dikenal dengan nama action research. Bagaimanakah pengembangan kurikulum dengan action research? Jelaskan disertai dengan contoh!
11. Menurut saudara samakah dasar filosofis yang dijadikan landasan dalam pengembangan kurikulum pada setiap Negara? Jelaskan disertai dengan contoh!
12. Salah satu asas dalam pengembangan kurikulum adalah asas psikologis. Bagaimanakah cara mengembangkan kurikulum berdasarkan asas ini? Jelaskan disertai dengan contoh!
13. Menurut saudara model pengembangan kurikulum apakah yang sesuai untuk dikembangkan di Indonesia? Jelaskan!
14. Peserta didik adalah unik. Sehingga kurikulum harus mampu mewadahi keunikan tersebut. Apa yang dimaksud dengan pernyataan di atas? Jelaskan!
15. Pengembang kurikulum diantaranya adalah pihak produsen dan konsumen.
       a. Siapakah yang dimaksud dengan pihak produsen dan konsumen pada pernyataan tersebut? Jelaskan!
      b. Mengapa pihak produsen dan pihak konsumen berkepentingan dalam pengembangan kurikulum?    Jelaskan!

 
*****GOOD LUCK*****


2 komentar:

  1. trimakasih bu atas soal2 yang diberikan,,sangat membantu sekali...^^

    BalasHapus
  2. alangkah baiknya kalau ada pembahasannya juga

    BalasHapus

TEMA UAS MATA KULIAH MK3 KELAS BC

  DAFTAR TEMA UJIAN AKHIR SEMESTER 15P03122 MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (2 SKS) ROMBEL: 7101400...