SOAL-SOAL
LATIHAN
UJIAN
TENGAH SEMESTER
MATA
KULIAH TELAAH KURIKULUM
ROMBEL RABU DAN JUMAT
1. Kurikulum dianggap sebagai jembatan yang
sangat penting untuk mencapai titik teakhir yang ditandai dengan perolehan
suatu ijazah. Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut? Jelaskan disertai
dengan contoh!
2. Kurikulum ditafsirkan menjadi tiga,
yaitu : (1) menurut isi dan metode pembelajaran (2) sebagai rencana
pembelajaran, dan (3) sebagai pengalaman belajar.
a.Apa
yang dimaksud dengan penafsiran kurikulum sebagai pengalaman belajar? Jelaskan
disertai dengan contoh!
b. Mengapa
seorang guru harus memahami betul kurikulum yang berlaku? Jelaskan!
3. Kurikulum pada suatu periode akan
mengalami perubahan. Bagaimana pendapat saudara tentang hal itu? Jelaskan
disertai dengan contoh!
4. Tujuan kurikulum menurut penyelenggara
dibagi menjadi dua, yaitu Kurnas dan Kurlok.
a. Apa
yang dimaksud dengan Kurnas dan Kurlok? Jelaskan!
b. Samakah
Kurlok yang berlaku pada setiap daerah? Jelaskan pendapat saudara disertai
dengan contoh!
5. Tujuan pendidikan di Indonesia untuk
mewujudkan manusia Indonesia yang bulat dan utuh. Apa maksud dari pernyataan
tersebut? Jelaskan!
6. Pengorganisasian kurikulum ada tiga
macam, yaitu separated subject curriculum,
correlated subject curriculum dan integrated subject curriculum.
a. Sebut
dan jelaskan perbedaan dari ketiga cara pengorganisasian kurikulum tersebut!
b. Berikan
contoh beserta penjelasannya dari masing-masing cara pengorganisasian
kurikulum!
7. Pendekatan dalam pengembangan kurikulum
ada tiga macam, yaitu berdasarkan materi, tujuan dan kemampuan.
a. Apa
perbedaan pengembangan kurikulum berdasarkan pendekatan materi dengan
pendekatan tujuan? Jelaskan disertai dengan contoh!
b. Apabila
pengembangan kurikulum menggunakan pendekatan kemampuan, guru harus memahami
betul tingkat kemampuan dari peserta didik. Apa yang dimaksud dengan pernyataan
tersebut? Jelaskan!
8. Kurikulum juga bisa dikembangkan menurut
lokasi. Bagaimanakah cara pengembangan kurikulum berdasarkan lokasi? Berikan
penjelasan dan contohnya!
9. Model-model pengembangan kurikulum
diantaranya adalah model administratif dan model grass root.
a. Apa
perbedaan pokok dari kedua model tersebut? Jelaskan dengan contoh!
b. Sebut
dan jelaskan kelebihan dan kelemahan dari model administratif!
10. Seorang guru dituntut untuk dapat
melakukan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dapat digunakan dalam mengembangkan kurikulum. Pengembangan kurikulum berbasis
riset di kelas tersebut dikenal dengan nama action
research. Bagaimanakah pengembangan kurikulum dengan action research? Jelaskan disertai dengan contoh!
11. Menurut saudara samakah dasar filosofis
yang dijadikan landasan dalam pengembangan kurikulum pada setiap Negara?
Jelaskan disertai dengan contoh!
12. Salah satu asas dalam pengembangan
kurikulum adalah asas psikologis. Bagaimanakah cara mengembangkan kurikulum
berdasarkan asas ini? Jelaskan disertai dengan contoh!
13. Menurut saudara model pengembangan
kurikulum apakah yang sesuai untuk dikembangkan di Indonesia? Jelaskan!
14. Peserta didik adalah unik. Sehingga
kurikulum harus mampu mewadahi keunikan tersebut. Apa yang dimaksud dengan
pernyataan di atas? Jelaskan!
15. Pengembang kurikulum diantaranya adalah
pihak produsen dan konsumen.
a. Siapakah
yang dimaksud dengan pihak produsen dan konsumen pada pernyataan tersebut?
Jelaskan!
b. Mengapa
pihak produsen dan pihak konsumen berkepentingan dalam pengembangan kurikulum?
Jelaskan!
*****GOOD
LUCK*****
trimakasih bu atas soal2 yang diberikan,,sangat membantu sekali...^^
BalasHapusalangkah baiknya kalau ada pembahasannya juga
BalasHapus