Rabu, 25 April 2012

SOAL-SOAL LATIHAN


SOAL-SOAL LATIHAN
UJIAN TENGAH SEMESTER
MANAJEMEN KEARSIPAN

1.    
  1. Bagaimanakah prosedur dalam manajemen kearsipan sejak dari penyimpanan sampai pada penemuan kembali arsip? Berikan contoh disertai dengan bagan alir prosedur manajemen kearsipan!
  2. Arsip selama ini banyak diartikan sebatas pada surat saja, padahal arsip tidak hanya berupa surat. Bagaimanakah pendapat saudara terhadap pernyataan tersebut? Berikan penjelasannya! 
  3.  Warkat memiliki berbagai macam kegunaan, sebut dan jelaskan kegunaan dari warkat!
  4.  Pada manajemen kearsipan dikenal penggolongan arsip menjadi empat, yaitu arsip penting, tidak penting, arsip biasa dan sangat penting. Jelaskan disertai dengan contoh untuk masing-masing golongan arsip tersebut! 
  5.  Arsip ada yang disebut dengan arsip statis. Apa yang dimaksud dengan arsip statis? Berikan penjelasannya disertai dengan contoh!
  6.  Sistem penyimpanan arsip diantaranya adalah dengan sistem wilayah. Bagaimanakah prosedur penyimpanan arsip dengan sistem wilayah? Jelasakan disertai dengan contoh!
  7.  Program Ms Word dapat dijadikan sebagai model dalam prosedur penyimpanan arsip dengan sistem pokok soal. Buatlah desain model penyimpanan arsip sistem pokok soal berbasis Ms Word!
  8.  Sistem penyimpanan arsip wilayah dengan sistem penyimpanan arsip pokok soal memiliki karakteristik tersendiri. Jelaskan karakteristik yang dapat membedakan antara keduanya!
  9. Pada kasus-kasus sengketa jual beli, arsip dapat dijadikan sebagai barang bukti. Berupa apakah arsip tersebut? Jika dimasukkan ke dalam kegunaan warkat menurut The Liang Gie masuk dalam kegunaan apa? Jelaskan!
  10. Pada masa sekarang ini, kemajuan teknologi di bidang perkantoran sangat pesat. Bagaimanakah cara untuk menyikapi hal tersebut terkait dengan manajemen kearsipan di suatu instansi? Jelaskan!
  11. Samakah sistem penyimpanan arsip di instansi pemerintah dengan swasta? Jelaskan disertai dengan contoh!
  12. Seorang arsiparis professional harus memahami betul tugas dan tanggungjawab yang diembannya. Terkait dengan prosedur pengelolaan arsip, kemampuan apa sajakah yang harus dimiliki oleh seorang arsiparis? Jelaskan!
  13. Perusahaan minyak sawit Maju Makmur memiliki beberapa cabang perusahaan yang tersebar di Indonesia. Menurut saudara sistem penyimpanan arsip manakah yang cocok untuk perusahaan tersebut? Jelaskan!
  14. Selain sistem wilayah dan pokok soal, sistem penyimpanan arsip apa yang juga sering digunakan oleh instansi swasta dan pemerintah? Jelaskan disertai dengan prosedurnya!    
  15. Jelaskan disertai dengan contoh, istilah-istilah di bawah ini!  
a.         Arsip dinamis
b.         Legal value
c.         Administrative value
d.        Arsip penting
e.         Arsip inaktif


*****GOOD LUCK*****

1 komentar:

TEMA UAS MATA KULIAH MK3 KELAS BC

  DAFTAR TEMA UJIAN AKHIR SEMESTER 15P03122 MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (2 SKS) ROMBEL: 7101400...