Rabu, 09 Januari 2013

HAND OUT PENGAYAAN MATERI 3


ORGANISASI

Bentuk-bentuk Organisasi
Berdasarkan strukturnya, bentuk organisasi dapat dibedakan atas :
1.    Organisasi garis :Organisasi garis merupakan bentuk organisasi tertua, dan paling sederhana. Organisasi dengan jumlah karyawan sedikit dan  pemiliknya merupakan pimpinan tertinggi di dalam organisasi yang mempunyai hubungan langsung dengan bawahannya. Di sini setiap bagian-bagian utama langsung berada di bawah seorang pemimpin serta pemberian wewenang dan tanggung jawab bergerak vertikal ke bawah dengan pendelegasian yang tegas, melalui jenjang hirarki yang ada.
Kebaikan–kebaikan organisasi garis adalah :
a.    bentuk organisasi sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan,
b.    pembagian tugas serta tanggung jawab dan kekuasaan cukup jelas,
c.     adanya kesatuan dalam perintah dan pelaksanaan perintah sehingga mempermudah pemeliharaan disiplin dan tanggung jawab,
d.    pengambilan keputusan dapat dilaksanakan secara cepat karena komunikasi cukup mudah.
Sedangkan kekurangan-kekurangannya adalah :
a.    bentuk organisasi ini tidak fleksibel,
b.    kemungkinan pemimpin untuk bertindak otokratis besar,
c.     ketergantungan kepada seseorang cukup besar sehingga mudah terjadi kekacauan bila seseorang dalam garis organisasi “hilang”.
2.    Organisasi garis dan staf : Dalam organisasi ini ada dua kelompok orang-orang yang berpengaruh dalam menjalankan organisasi itu, yaitu :
a.    Orang yang melaksanakan tugas pokok organisasi dalam rangka pencapaian tujuan, yang digambarkan dengan garis atau lini.
b.    Orang yang melakukan tugasnya dengan berdasarkan keahlian yang dimilikinya, orang ini berfungsi untuk memberikan saran-saran pada unit operasional. Orang-orang tersebut disebut staf.
Di dalam organisasi garis dan staf :
  • Terdapat spesialisasi yang beraneka ragam yang dipergunakan secara maksimal.
  • Dalam melaksanakan pekerjaannya, anggota garis atau lini dapat meminta pengarahan serta informasi dari staf.
  • Pengarahan yang diberikan staf dapat dijadikan pedoman bagi pelaksana.
  • Staf mempunyai pengaruh yang besar dalam pelaksanaan pekerjaan.
  • Organisasi ini mempunyai kebaikan, seperti :
  • Adanya pembagian tugas yang jelas antara orang-orang yang melaksanakan tugas pokok dan penunjang.
  • Keputusan yang diambil biasanya telah dipertimbangkan secara matang oleh segenap orang yang terdapat dalam organisasi, termasuk staf.
  • Adanya kemampuan dan bakat yang berbeda-beda dari anggota organisasi memungkinkan dikembangkannya spesialisasi keahlian.
  • Adanya ahli-ahli dalam staf akan menghasilkan mutu pekerjaan yang lebih baik.
  • Disiplin para anggota tinggi karena tugas yang dilaksanakan oleh seseorang sesuai dengan bakat keahlian, pendidikan dan pengalamannya.
Sedangkan kekurangan dari organisasi ini adalah :
a.    Bagi para pelaksana operasional perbedaan antara perintah dan saran tidak selalu jelas. Maksudnya dalam melaksanakan tugas-tugas operasional, orang-orang lini/garis dihadapkan pada dua macam atasan, yaitu atasan yang terdapat dalam jalur komando yang mempunyai hak memerintah dan pimpinan staf yang meskipun hanya berhak memberikan saran, namun perlu pula ditaati karena sarannya didasarkan pada keahliannya dan wewenang fungsional.
b.    Saran serta nasihat dari staf mungkin kurang tepat atau sulit dilaksanakan, karena kurang adanya tanggung jawab terhadap pekerjaan.
c.     Pejabat garis cenderung untuk mengabaikan gagasan dari staf  sehingga gagasan tersebut dapat tidak berguna.
d.    Timbulnya kekacauan bila tugas-tugas tidak dirumuskan dengan jelas.

3.    Organisasi Fungsional : Organisasi dengan bentuk ini merupakan suatu organisasi yang mendasarkan pembagian tugasnya saerta kegiatannya pada spesialisasi yang dimiliki oleh pejabat-pejabatnya. Organisasi ini tidak terlalu menekankan pada hirarki struktural, tetapi lebih pada sifat dan macan fungsi yang perlu dijalankan.
Dalam organisasi ini seorang bawahan dapat menerima beberapa instruksi dari beberapa pejabat serta harus mempertanggungjawabkan pada masing-masing pejabat yang bersangkutan.
Kebaikan-kebaikan dari organisasi fungsional :
a.    Adanya spesialisasi menyebabkan perencanaan tugas dapat dilakukan dengan baik.
b.    Spesialisasi karyawan dapat dilakukan secara maksimal.
c.     Koordinasi antara orang-orang dalam satu fungsi mudah dilaksanakan atau dijalankan.
d.    Pekerjaan mental dapat dipisahkan dari pekerjaan fisik.
Kekurangan-kekurangan organisasi fungsional antara lain adalah sebagai berikut:
a.  Tanggung jawab terbagi-bagi, sehingga jika terjadi suatu masalah tudak jelas siapa yang harus bertanggung jawab penuh.
b.    Ditinjau dari segi karyawan, banyaknya atasan akan membingungkan.
c.   Terjadinya saling mementingkan fungsi masing-masing yang menyebabkan koordinasi yang bersifat menyeluruh sukar dijalankan.
d.  Pertukaran (mutasi) pekerjaan sukar dilakukan, karena anggota orgtanisasi terlalu memspesialisasikan diri dalam satu bidang keahliannya saja, sehingga untuk mengadakan pertukaran jabatan harus dilakukan suatu pendidikan yang intensif terlebih dahulu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA UAS MATA KULIAH MK3 KELAS BC

  DAFTAR TEMA UJIAN AKHIR SEMESTER 15P03122 MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (2 SKS) ROMBEL: 7101400...