MANAJEMEN
PERBEKALAN
Penanganan Perlengkapan Kantor
Untuk menangani masalah
peralatan/perlengkapan kantor yang dilakukan pada suatu bagian kantor biasanya
berdasarkan langkah-langkah berikut:
1.
Pengadaan
Yaitu usaha yang bertujuan untuk
memperoleh peralatan atau perlengkapan kantor sesuai rencana kebutuhan yang
telah ditentukan, melalui pembelian, pembuatan sendiri, menyewa/mengontrak dan
bantuan/sumbangan.
2.
Penyimpanan
Yaitu kegiatan untuk menampung hasil
pengadaan barang perlengkapan yang meliputi segi administratif (pencatatan ke
dalam buku barang) maupun segi fisik (penyimpanan barang itu sendiri).
3.
Pengeluaran/Pendistribusian
Yaitu penyaluran barang dari unit
pergudangan kepada unit pemakai berdasarkan bon permintaan dan harus dicatat
pada buku pengeluaran barang.
4.
Pemeliharaan
Yaitu segala usaha yang dilakukan
terus menerus agar barang tetap terpelihara baik sehingga siap dipakai pada
saat diperlukan.
5.
Penghapusan
Yaitu usaha yang dilakukan untuk
meniadakan/menghapus barang-barang dari dalam daftar infentaris berdasarkan
peraturan yang berlaku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar