KONSEP
TELAAH KURIKULUM
PENGERTIAN
KURIKULUM
l kurikulum
berasal dari bahasa latin, yakni “Curriculae”, artinya jarak yang harus
ditempuh oleh seorang pelari. Currere yang berarti lapangan perlombaan lari.
l Dengan
kata lain, suatu kurikulum dianggap sebagai jembatan yang sangat penting untuk
mencapai titik akhir dari suatu perjalanan dan ditandai oleh perolehan suatu
ijazah
BEBERAPA
PENAFSIRAN KURIKULUM
l Kurikulum
memuat isi dan materi pelajaran
l Kurikulum sebagai rencana pembelajaran
l Kurikulum
sebagai pengalaman belajar
Pengertian Kurikulum
menurut Undang-Undang No.20 TH. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional :
“Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai
pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.
UNSUR-UNSUR DARI DEFINISI
KURIKULUM
- Seperangkat rencana
- Pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran
- Pengaturan cara yang digunakan
- Sebagai pedoman kegiatan belajar mengajar
- Tujuan pendidikan
FUNGSI
KURIKULUM
1.
Bagi para penulis
1. Bagi
guru 2. Bagi kepala sekolah
3. Bagi masyarakat
TUJUAN
KURIKULUM
- Hierarki (tujuan pendidikan nasional, tujuan
institusional, tujuan pendidikan menengah, tujuan pendidikan tinggi)
- Penyelenggara
(kurnas, kurlok)
- Arah lulusan
(akademik, profesi)
MANUSIA BULAT DAN UTUH,
PENGEMBANGAN 9 ASPEK PRIBADI (9 K)
1.
Ketaqwaan
2.
Kecerdasan
3.
Kesusilaan
4.
Kejujuran
5.
Kekreatifan
6.
Kesehatan
7.
Keterampilan
8.
Kemasyarakatan
9.
Kemandirian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar