Selasa, 01 April 2014

MATERI TELAAH KURIKULUM



KONSEP TELAAH KURIKULUM

PENGERTIAN KURIKULUM
l  kurikulum berasal dari bahasa latin, yakni “Curriculae”, artinya jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari. Currere yang berarti lapangan perlombaan lari.
l  Dengan kata lain, suatu kurikulum dianggap sebagai jembatan yang sangat penting untuk mencapai titik akhir dari suatu perjalanan dan ditandai oleh perolehan suatu ijazah
BEBERAPA PENAFSIRAN KURIKULUM
l  Kurikulum memuat isi dan materi pelajaran
l  Kurikulum sebagai rencana pembelajaran
l  Kurikulum sebagai pengalaman belajar
Pengertian Kurikulum menurut Undang-Undang No.20 TH. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional :
“Kurikulum adalah seperangkat rencana dan  pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan  sebagai pedoman penyelenggaraan  kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.

UNSUR-UNSUR DARI DEFINISI KURIKULUM
  1. Seperangkat rencana
  2. Pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran
  3. Pengaturan cara yang digunakan
  4. Sebagai pedoman kegiatan belajar mengajar
  5. Tujuan pendidikan
FUNGSI KURIKULUM
1.      Bagi para penulis
1. Bagi guru 
2. Bagi kepala sekolah  
3. Bagi masyarakat
TUJUAN KURIKULUM 
- Hierarki (tujuan pendidikan nasional, tujuan institusional, tujuan pendidikan menengah, tujuan pendidikan tinggi)
      - Penyelenggara (kurnas, kurlok) 
- Arah lulusan (akademik, profesi)
MANUSIA BULAT DAN UTUH, PENGEMBANGAN 9 ASPEK PRIBADI (9 K)
1.      Ketaqwaan
2.      Kecerdasan
3.      Kesusilaan
4.      Kejujuran
5.      Kekreatifan
6.      Kesehatan
7.      Keterampilan
8.      Kemasyarakatan
9.      Kemandirian




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA UAS MATA KULIAH MK3 KELAS BC

  DAFTAR TEMA UJIAN AKHIR SEMESTER 15P03122 MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (2 SKS) ROMBEL: 7101400...