Minggu, 04 November 2012

PERBEDAAN ADMINISTRASI NEGARA DAN ADMINISTRASI NIAGA


POKOK BAHASAN
PERBEDAAN ADMINISTRASI NEGARA DAN ADMINISTRASI NIAGA



Perbedaan administrasi Negara dengan administrasi niaga dapat dilihat dari:
1.      Faktor tujuan
Administrasi Negara bertujuan meningkatkan kemakmuran seluruh rakyat, sedangkan administrasi niaga bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup organisasi yang diukur dari akumulasi modal, penambahan investasi, diversifikasi produk dan keuntungan.
2.      Faktor motif
Administrasi Negara bermotif pemberian layanan/service sedangkan administrasi niaga bermotifkan laba atau keuntungan.
3.      Sifat pelayanan
Sifat pelayanan pada administrasi Negara memberikan layanan yang sama kepada semua warga Negara sedangkan administrasi niaga membedakan sifat service karena bermotifkan keuntungan.
4.      Wilayah yurisdiksi
Administrasi Negara memperoleh kekuasaannya dari rakyat sedangkan adminitrasi niaga kekuasaannya terletak pada besarnya modal, skill dan manajerial.
5.      Kekuasaan
Administrasi Negara mempunyai wilayah kekuasaan yang sama luasnya dengan wilayah kekuasaan negara sedangkan administrasi niaga tidak memiliki wilayah kekuasaan yang dimiliki adalah wilayah operasi.
6.      Orientasi politik
Administrasi Negara dan seluruh aparatur pemerintah berorientasi politik netral sedangkan administrasi niaga menjalankan poitiknya secara memihak dan menganut aliran yang dianggap membantu usahanya
7.      Cara bekerja
Pada umumnya jalannya administrasi Negara lebih lamban daripada administrasi niaga karena berdasar pada pendekatan legalitas sedangkan administrasi niaga lebih cepat karena pendekatannya adalah programmatic




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA UAS MATA KULIAH MK3 KELAS BC

  DAFTAR TEMA UJIAN AKHIR SEMESTER 15P03122 MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (2 SKS) ROMBEL: 7101400...