Selasa, 18 September 2012

PIA POKOK BAHASAN I


PENGERTIAN ADMINISTRASI


Secara Etimologis :

ADMINSTRASI = ADMINISTRATION (Inggris) – Administrare
Administratio (noun) – Latin ; Administrativus (adj)
Artinya : Suatu kata kerja yang berarti melayani, membantu,
               menunjang / memenuhi.

Administratie (Belanda) :
Setiap penyusunan keterangan-keterangan secara sistematis & pencatatannya secara tertulis dengan maksud untuk memperoleh suatu ikhtisar mengenai keterangan-keterangan dalam keseluruhannya dan dalam hubungannya satu sama lain.

ADMINSTRATIE = TATA USAHA



DEFINISI ADMINISTRASI
1.    Ordway Tead : Administrasi meliputi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh pejabat-pejabat eksekutif dalam suatu organisasi yang bertugas mengatur, memajukan dan melengkapi usaha kerja sama sekumpulan orang yang sengaja dihimpun untuk mencapai tujuan tertentu.
2.    Leonard D. White : Administasi adalah suatu proses yang biasanya terdapat pada semua usaha kelompok baik usaha pemerintah/swasta, sipil/militer, baik secara besar-besaran ataupun kecil-kecilan.
3.    Herbert A. Simon : Administrasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan dari kelompok orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
4.    Dr. Sondang Siagian : Keseluruhan proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
5.    The Liang Gie : Administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu



Diperbaharui :
Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan-pekerjaan induk dan sumber-sumber kegiatan lainnya yang bermaksud mencapai tujuan apapun dalam usaha kerja sama dari sekelompok orang

Direvisi bersama Drs. Sutarto :
Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan tehadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh kelompok orang dalam kerja sama mencapai tujuan tertentu.

KESIMPULAN :
1.    Administrasi merupakan suatu proses kerja sama
2.  Proses kerja sama tersebut dilakukan oleh sekelompok orang secara rasional 
3.  Kerja sama tersebut dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMA UAS MATA KULIAH MK3 KELAS BC

  DAFTAR TEMA UJIAN AKHIR SEMESTER 15P03122 MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (2 SKS) ROMBEL: 7101400...