Selasa, 20 Maret 2012

POKOK BAHASAN II TELAAH KURIKULUM


PENGORGANISASIAN KURIKULUM


TIGA TIPE PENGORGANISASIAN KURIKULUM
  1. SEPARATED SUBJECT CURRICULUM
BIDANG STUDI DIAJARKAN SCR TERPISAH DG PEMBATASAN WAKTU DAN BAHAN.
  1. CORRELATED CURRICULUM
            BIDANG STUDI YANG SEJENIS DIKELOMPOKKAN.
  1. INTEGRATED CURRICULUM
TOPIK ATAU PERMASALAHAN DIBAHAS DARI SUDUT PANDANG BERBAGAI BIDANG ILMU. 

SEPARATED SUBJECT CURRICULUM
Ex : Biologi, Fisika, Kimia, Matematika
Masing-masing  mata pelajaran disusun secara terpisah satu sama lain.
CORRELATED SUBJECT CURRICULUM
Biologi, Kimia, Fisika = IPA
Geografi, Sejarah, Ekonomi = IPS
Mengkorelasikan antara bidang studi yang sejenis ataupun antar pokok bahasan di luar bidang studi yang tidak sejenis
INTEGRATED CURRICULUM
Suatu pokok bahasan dibahas dengan melibatkan semua bidang studi yang relevan

Selasa, 13 Maret 2012

KONSEP DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN


KONSEP DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN
PENGERTIAN MANAJEMEN
1. Manajemen Sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. (Follet)
2. Manajemen Merupakan Suatu proses perencanaan, pengaorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap organisasi dan penggunaan sumber daya –sumber daya orgnisasi lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Stoner)
Konsep Perkantoran adalah
Sebuah ruangan atau bangunan tempat runtutan kegiatan tata usaha terlaksana untuk memulai, membenahi, mengembangkan, dan mengawasi kegiatan usaha .
Manajemen kantor adalah :
          Perencanaan,pengorganisasin,pengarahan,pengoordinasian, dan pengawasan pekerjaan ketatausahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan/diperkirakan sebelumnya
          Seluruh kegiatan penataan yang berhubungan dengan pelaksanaan tatausaha organisasi untuk mencapai tujuan manajemen yang telah ditetapkan
Kantor memiliki lima makna, yaitu :
  1. Jasa
  2. Jabatan
  3. Gedung Kantor
  4. Ruangan Kerja
  5. Biro
Kegiatan manajemen kantor akan menjadi nyata benar dlm kegiatan tata usaha.
 yaitu keseluruhan kegiatan nyata yg dilaksanakan pegawai tata usaha dlm sebuah kantor, misalnya  :   mengetik, melayani dengan mesin hitung dan komputer, menyetensil, membuat fotocopy, membuat dan menyusun arsip, membuat laporan dan sejumlah kegitan tatausaha lainnya.
Kegiatan utama dlm kantor, sbb :
  1. Komunikasi
  2. Kalkulasi
  3. Warkat
  4. Laporan
  5. Prosedur rutin
Fungsi manajemen kantor:
  1. Perencanaan kantor  
  2. Pengorganisasian kantor, dan
  3. Pengawasan kantor

Sifat manajemen kantor (JC Denyer dalam kommaruddin)
          Kantor merupakan sekunder terhadap tujuan pokok usaha
          Kantor merupakan komplementer  thd tujuan pokok usaha
          Kantor merupakan pengawasan terhadap faktor produksi
Aspek manajemen kantor
          Tujuan
          Organisasi
          Metode
          Personalia
          Lingkungan
          Mesin  dan perlengkapan

Minggu, 11 Maret 2012

KONSEP DASAR MANAJEMEN KEARSIPAN


Pengertian Arsip :
Bahasa Belanda Archief berasal dari Bahasa Yunani Arche. Perubahan bentuk kata arche
menjadi archea yang selanjutnya berubah menjadi archeon.
Archea : dokumen atau catatan tentang masalah pemerintahan dengan segala seluk-beluknya.
Archeon : Balai kota tempat dilangsungkanpengurusan dokumen/ catatan masalahpemerintahan.
Pengertian arsip yang berkembang selama ini memiliki pengertian yang sempit.
Kebanyakan, jika kita berbicara mengenai arsip maka persepsi kita akan menuju ke deretan dokumendokumen yang tersusun dalam sebuah atau banyak lemari-lemari buku atau lembaran-lembaran surat yang sengaja disimpan.
Tetapi sebenarnya jika kita menelaah definisi dari arsip, maka pengertian arsip dapat sangat luas sekali. Pengertian arsip yang berkembang selama ini memiliki pengertian yang sempit.
Kebanyakan, jika kita berbicara mengenai arsip maka persepsi kita akan menuju ke deretan dokumendokumen yang tersusun dalam sebuah atau banyak lemari-lemari buku atau lembaran-lembaran surat yang sengaja disimpan.
Tetapi sebenarnya jika kita menelaah definisi dari arsip, maka pengertian arsip dapat sangat luas sekali.
Arsip adalah segala sesuatu yang tertulis, bergambar dan terekam yang berisikan penjelasan mengenai suatu hal atau informasi dari suatu peristiwa yang digunakan untuk membantu ingatan dan/atau dapat dijadikan pedoman.
Pentingnya pengelolaan arsip dalam suatu organisasi
Data lama dapat digunakan kembali
Kemudahan pencarian data
Mengantisipasi kehilangan dokumen/file
Mendukung keberhasilan organisasi

CONTOH ARSIP
Formulir
Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Surat Ijin Mengemudi (SIM)
buku catatan pelajaran
slip gaji
akte kelahiran
ijazah
buku pelajaran
Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
dan lain sebagainya.
Presiden Panama Ricardo J. Alfaro dalam pertemuan Sosiety of American Archivis tahun1937menyatakan
”Pemerintahan tanpa arsip ibarat tentara tanpa senjata, Ibarat dokter tanpa obat, ibarat petani
tanpa benih ibarat tukang tanpa alat, Arsip merupakan saksi bisu, tak terpisahkan, handal dan abadi, yang memberikan kesaksian terhadap keberhasilan, kegagalan, pertumbuhan dan kejayaan bangsa”
Dengan adanya arsip, maka timbul masalah bagaimana mengurus arsip, untuk apa arsip harus diurus, dengan cara bagaimana arsip diurus, serta sarana apa yang diperlukan. Masalah tersebut dijawab dengan ilmu kearsipan (archival science) atau manajemen kearsip

KONSEP DASAR ILMU ORGANISASI


Organisasi berasal dari istilah latin organum istilah Yunani Organon. Arti istilah tersebut adalah alat, anggota, bagian, atau badan.

PENGERTIAN ORGANISASI
*      KUMPULAN ORANG
*      PROSES PEMBAGIAN KERJA
*      SISTEM KERJASAMA
*      TUJUAN

ORGANISASI SEBAGAI SISTEM KERJASAMA
         Organisasi adalah suatu sistem kerjasama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.

FAKTOR-FAKTOR ORGANISASI
   - Sekelompok orang
   - kerjasama
   - Tujuan tertentu

STRUKTUR ORGANISASI
kerangka yang terdiri dari satuan-satuan organisasi yang didalamnya terdapat pejabat, tugas, serta wewenang yang masing-masing mempunyai peranan serta hubungan tertentu dalam kesatuan yang utuh.



STRUKTUR ORGANISASI YANG BAIK ?
         Sehat, berarti dapat menjalankan fungsinya dengan tertib.
         Efisien, dalam menjalankan peranannya tersebut masing-masing dapat mencapai perbandingan terbaik antara usaha dan hasil kerja.
AZAZ-AZAZ ORGANISASI
  1. Azaz Perumusan Tujuan
  2. Azaz Departemenisasi
  3. Azaz Pembagian Kerja
  4. Koordinasi
  5. Pelimpahan Wewenang
  6. Rentangan Kontrol
  7. Jenjang Organisasi
  8. Kesatuan Perintah
  9. Fleksibilitas
  10. Keberlangsungan
  11. Keseimbangan

TEMA UAS MATA KULIAH MK3 KELAS BC

  DAFTAR TEMA UJIAN AKHIR SEMESTER 15P03122 MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (2 SKS) ROMBEL: 7101400...